Skip to main content

Pengenalan Framework Bootstrap

Boostrap adalah framework yang berisi pengaturan dan kode web yang telah disiapkan sehingga kita bisa mengatur halaman web yang responsive dan sesuai dengan keinginan kita.

Reponsive disini maksudnya adalah dimana halaman web yang kita buat dapat di akses melalui layar berbagai ukuran tanpa menyulitkan pengguna untuk melihat halaman tersebut, 

Sejarah Boostrap

Bootstrap awalnya bernama Twitter Blueprint , dikembangkan oleh Mark Otto dan Jacob Thornton di Twitter sebagai kerangka kerja untuk mendorong konsistensi di alat internal . Sebelum Bootstrap, pengembangan antarmuka web menggunakan bermacam-macam library web yang menyebabkan tampilan yang tidak konsisten dan waktu dan tenaga yang banyak untuk sekedar design atau perbaikan.

Setelah beberapa bulan pengembangan, banyak pengembang di Twitter mulai berkontribusi pada proyek ini, kemudian project ini di beri nama Bootstrap, dan dirilis sebagai proyek open source pada 19 Agustus 2011. Hal ini terus dipertahankan oleh Mark Otto, Jacob Thornton, dan sekelompok kecil pengembang, serta komunitas besar kontributor.

Fungsi Boostrap

Boostrap menyediakan banyak fungsi yang memudahkan dan mempercepat kerja developer web. begitu juga saya ketika harus mengerjakan project kampus yang juga merupakan kerja praktek saya dengan bantuan framework ini.

Components Boostrap
Boostrap mempermudah dalam mengerjakan styling dan layout karena framework ini menyediakan berbagai macam modul yang mendukung. mulai dari glyphicon, panel, dropdown, label, menu hingga navigasi. yang dengan mudah bisa kamu aplikasikan ke halaman web dengan koding yang mudah dimngerti.
Webpage Responsive
Dulu jika kita ingin membuat web yang responsive sangat sulit bahkan hanya untuk membuat tulisan atau gambar ngepas dengan layar, Perlu menambahkan kode seperti ini pada file css. "@media screen and (min-width: 480px)" Dan setting ukuran di css-nya juga perlu disesuaikan per-media width.
Boostrap menyediakan fitur Grid System dimana setiap bagian web kamu akan menyesuaikan dengan lebar layar perangkat yang mengakses halaman web kamu, 
Contoh :


Tampilan Menu diakses dengan Desktop PC


Tampilan Menu diakses dengan Perangkat Mobile


Fitur Boostrap

  1. Boostrap kompatibel dengan versi terbaru dari Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Internet Explorer, Safari dan hampir semua Browser yang kamu kenal
  2. Sejak Versi 2.0 Boostrap support dengan responsive web design, artinya susunan halaman web dinamis, sesuai dengan ukuran layar perangkat yang mengaksesnya seperti "Desktop, Tablet, ataupun perangkat Mobile"
  3. Sejak versi 3.0 Boostrap menekankan pada design mobile device, hal ini penting karena menurut saya arah kemajuan teknologi saat ini adalah mobile device.
  4. Versi 4.0 Keluar dengan menambahkan support pada Sass dan Flexbox.
  5. Boostrap adalah open source dan tersedia di Github, Pengembang dipersilahkan untuk membuat dan mengembangkan sebagai kontribusi untuk platform Boostrap.
Bagaimana apakah kamu tertarik menggunakan Boostrap untuk project web kamu ?

Comments

Popular posts from this blog

Perancangan Ruang Server

Perlunya Memiliki Server dan Ruang Server Sendiri
A. Alasan Memiliki Server & Ruang Server Sendiri
Pembangunan Gedung D pada STT Ibnu Sina akan menambah jumlah user pada fasilitas E-learning dan akses website STT Ibnu Sina lainnya. Hal tersebut tentu akan menambah beban jaringan atau Bandwidth yang dibutuhkan untuk menyimpan content pada E-learning dan Website STT Ibnu Sina, seperti modul tugas dan Data Kemahasiswaan.
Berikut beberapa keuntungan jika STT Ibnu Sina memuliki Server dan ruang Server sendiri :

Mempermudah baik pihak pengurus STT Ibnu Sina Batam maupun mahasiswa dalam mengatur dan mengakses data dan informasiKerahasiaan data dan informasi terjaga dalam server.Mengurangi biaya internet karena situs STT Ibnu Sina yang di akses melalui jaringan yang ada di STT Ibnu Sina akan menggunakan jaringan local, sehingga tidak membutuhkan akses internetMempermudah mahasiswa khususnya teknik informatika untuk belajar langsung tentang server, data center dan kegunaannyaMenjadi salah sa…

Sistem Pakar Rules Based Reasoning System Kerusakan Mainboard GA-H61M-S2P Rev 2.0

Sistem pakar adalah salah satu cabang dari ilmu kecerdasan buatan yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer yang dirancang untuk memodelkan kemampuan menyelesaikan masalah seperti layaknya seorang pakar. Dengan sistem pakar, orang awam dapat menyelesaikan masalahnya dan mencari suatu informasi berkualitas yang sebenarnya hanya dapat diperoleh dengan bantuan para ahli.

<?php include("koneksi.php");
if(!isset($_GET['idpertanyaan'])){
 //tampilkan pertanyaan pertama $sqlp = "select * from diagnosa where mulai='Y'";
$rs=mysql_query($sqlp);
 $data=mysql_fetch_array($rs);
//bentuk pertanyaan echo "<form>";
 echo "<center><h2>DIAGNOSA KERUSAKAN KOMPUTER</h2>";
 echo $data['solusi_dan_pertanyaan']."<br>";
 echo "<input type='radio' name='idpertanyaan' value='".$data['bila_benar']."'>Ya<br>"; echo "<in…

Pengaturan Account Email POP3 dan IMAP Pada Aplikasi Gmail di Android

Sebelum konfigurasi POP3, IMAP dan SMTP berikut hal-hal yang perlu kamu ketahui:

Apa yang dimaksud dengan POP3? 

Post Office Protocol version 3 (POP3) adalah protokol email standar yang digunakan untuk menerima email dari server ke local email client. POP3 memungkinkan anda untuk men-download pesan email pada komputer local anda dan membacanya bahkan ketika anda sedang offline.

Apa yang dimaksud dengan IMAP? 

The Internet Message Access Protocol (IMAP) adalah protokol email yang digunakan untuk mengakses email pada web server dari klien lokal. IMAP dan POP3 adalah dua protokol email yang paling umum digunakan untuk mengambil email. kedua protokol tersebut didukung oleh semua klien email dan web server.

Perbedaan utama antara IMAP dan POP3:

Protokol POP3 mengasumsikan bahwa hanya ada satu klien yang terhubung ke kotak surat. Sebaliknya, protokol IMAP memungkinkan akses simultan oleh beberapa klien. IMAP cocok untuk anda jika kotak surat anda dikelola oleh beberapa pengguna. 

Apa yang dim…