Pengenalan Framework Bootstrap

Boostrap adalah framework yang berisi pengaturan dan kode web yang telah disiapkan sehingga kita bisa mengatur halaman web yang responsive dan sesuai dengan keinginan kita.

Reponsive disini maksudnya adalah dimana halaman web yang kita buat dapat di akses melalui layar berbagai ukuran tanpa menyulitkan pengguna untuk melihat halaman tersebut, 

Sejarah Boostrap

Bootstrap awalnya bernama Twitter Blueprint , dikembangkan oleh Mark Otto dan Jacob Thornton di Twitter sebagai kerangka kerja untuk mendorong konsistensi di alat internal . Sebelum Bootstrap, pengembangan antarmuka web menggunakan bermacam-macam library web yang menyebabkan tampilan yang tidak konsisten dan waktu dan tenaga yang banyak untuk sekedar design atau perbaikan.

Setelah beberapa bulan pengembangan, banyak pengembang di Twitter mulai berkontribusi pada proyek ini, kemudian project ini di beri nama Bootstrap, dan dirilis sebagai proyek open source pada 19 Agustus 2011. Hal ini terus dipertahankan oleh Mark Otto, Jacob Thornton, dan sekelompok kecil pengembang, serta komunitas besar kontributor.

Fungsi Boostrap

Boostrap menyediakan banyak fungsi yang memudahkan dan mempercepat kerja developer web. begitu juga saya ketika harus mengerjakan project kampus yang juga merupakan kerja praktek saya dengan bantuan framework ini.

Components Boostrap
Boostrap mempermudah dalam mengerjakan styling dan layout karena framework ini menyediakan berbagai macam modul yang mendukung. mulai dari glyphicon, panel, dropdown, label, menu hingga navigasi. yang dengan mudah bisa kamu aplikasikan ke halaman web dengan koding yang mudah dimngerti.
Webpage Responsive
Dulu jika kita ingin membuat web yang responsive sangat sulit bahkan hanya untuk membuat tulisan atau gambar ngepas dengan layar, Perlu menambahkan kode seperti ini pada file css. "@media screen and (min-width: 480px)" Dan setting ukuran di css-nya juga perlu disesuaikan per-media width.
Boostrap menyediakan fitur Grid System dimana setiap bagian web kamu akan menyesuaikan dengan lebar layar perangkat yang mengakses halaman web kamu, 
Contoh :


Tampilan Menu diakses dengan Desktop PC


Tampilan Menu diakses dengan Perangkat Mobile


Fitur Boostrap

  1. Boostrap kompatibel dengan versi terbaru dari Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Internet Explorer, Safari dan hampir semua Browser yang kamu kenal
  2. Sejak Versi 2.0 Boostrap support dengan responsive web design, artinya susunan halaman web dinamis, sesuai dengan ukuran layar perangkat yang mengaksesnya seperti "Desktop, Tablet, ataupun perangkat Mobile"
  3. Sejak versi 3.0 Boostrap menekankan pada design mobile device, hal ini penting karena menurut saya arah kemajuan teknologi saat ini adalah mobile device.
  4. Versi 4.0 Keluar dengan menambahkan support pada Sass dan Flexbox.
  5. Boostrap adalah open source dan tersedia di Github, Pengembang dipersilahkan untuk membuat dan mengembangkan sebagai kontribusi untuk platform Boostrap.
Bagaimana apakah kamu tertarik menggunakan Boostrap untuk project web kamu ?